PMM 65 UMM Bantu Mencegah Penyebaran Covid-19 di Kampung Tua Kota Batam

 

Virus Covid-19 dapat dicegah dengan mengetahui cara pencegahan penyebaran Covid-19. Sejumlah himbauan telah disampaikan oleh pemerintah untuk memutus rantai penyebaran virus tersebut. Masyarakat diharapkan turut serta membantu dalam menekan laju penyebaran Covid-19. Faktanya, masyarakat di Kampung Tua Kota Batam masih kurang memahami cara pencegahan Covid-19 dapat dilihat bahwa masih cukup banyak warga yang cenderung tidak mematuhi protokol kesehatan dengan semestinya. Berbagai bentuk tindakan beresiko yang dilakukan masyarakat di Kampung Tua Kota Batam seperti berkumpul tanpa menggunakan masker. Sebagai akademisi, mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) juga ikut ambil bagian dalam menangani pandemi Covid-19. Mahasiswa UMM mengikuti kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM), yaitu program Kuliah Kerja Nyata (KKN). Jenis PMM yang diikuti yaitu PMM Bhaktimu Negeri dengan bentuk kegiatan edukasi berupa peningkatan kompetensi, pemahaman, dan sikap yang dilakukan individu atau kelompok masyarakat. Program ini dilaksanakan di RT 3 RW 3 Kecamatan Lubuk Baja, Kelurahan Tanjung Uma, Kota Batam dan dibimbing langsung oleh Dosen Pembimbing Lapang (DPL) Ibu Nawang Sulistyani, M.Pd.

Salah satu program kerja yang dilakukan PMM 65 UMM adalah mengedukasi masyarakat Kampung Tua terkait pencegahan Covid-19 melalui banner dan poster yang dipasang dan dibagikan ke masyarakat. Materi dalam banner dan poster oleh PMM 65 UMM berisi tentang protokol kesehatan yaitu cuci tangan menggunakan sabun, pemakaian masker, jaga jarak, hindari berjabat tangan, dan berhati-hati apabila kontak langsung dengan desinfektan.

Tim PMM 65 UMM sangat bersemangat dalam mengedukasi masyarakat Kampung Tua. Besar harapan TIM PMM 65 UMM agar seluruh masyarakat memperoleh edukasi yang sama terkait pencegahan Covid-19. Manfaat dari adanya banner dan poster yaitu dapat meningkatkan pemahaman masyarakat terkait pencegahan Covid-19 dan menjadi pengingat bila masyarakat lupa. “Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dan menjadikan kebiasaan baru masyarakat Kampung Tua untuk tetap waspada dengan adanya Covid-19 dan seluruh masyarakat mematuhi protokol kesehatan guna mendukung program pemerintah dalam pencegahan Covid-19”, ujar Shafelia sebagai Koordinator Tim PMM 65 UMM.

Program kerja tersebut mendapat respon positif dari masyarakat Kampung Tua dan mendapat apresiasi serta dukungan penuh. Masyarakat Kampung Tua aktif berdiskusi dan bertanya serta antusias dalam menerima berbagai informasi yang dibagikan oleh Tim PMM 65 UMM.

Tinggalkan komentar